Friday, February 16, 2007

Film Indonesia Era 70-80an


Film Indonesia berjaya kembali tahun 2000-an. Setelah pada dekade 1990-an perfilm-an kita sempat mati suri. Dahulu, sewaktu film Indonesia berjaya, kita mengenal bintang-bintang seperti Rano Karno,Ratmi B29,Warkop DKI, Nani Wijaya, Basuki, dan sebagainya. Jika kita menonton kembali film-film pada era 1970-1980an kita akan menemukan beberapa ciri khas seperti di bawah ini:


  1. Adegan makan bersama keluarga. Kalau pada adegan ini biasanya mereka duduk di meja yang panjang, dan minumannya pasti berupa es jeruk.
  2. Tema filmnya yaitu cinta yang tidak disetujui oleh orang tua. Entah sudah berapa judul film Rano Karno yang bertemakan cinta seperti ini.
  3. Sosok Ayah pasti sedang mengenakan safari.Biasanya berwarna cokelat muda, terus ada ballpoint di saku bajunya, membawa koper dan biasanya akan ke kantor ketika adegan itu berlangsung.
  4. Polisi yang selalu datang terlambat. Seperti biasa, polisi datang terlambat untuk menangani masalah yang terjadi pada film tersebut (kayaknya bukan cuma di film, di kehidupan nyata polisi juga suka datang terlambat kok), dan ketika polisi ini datang pasti berkata dengan kalimat kaku dan khas " Ini memang buronan yang sedang kami cari-cari Pak!"
  5. Adegan Pub/Bar / NightClub. Scene ini biasanya diikuti oleh lampu remang-remang warna kemerahan, diiringi musik-musik seperti ABBA, BeeGees, Kool and The Gank. Terus ada adegan dimana minuman sang pemeran wanita diberi obat perangsang oleh teman pria-nya.
  6. Pemeran sedang masuk rumah sakit. Biasanya karena sakit yang baru disadari ketika sudah memasuki stadium dua atau tiga., mengidap penyakit kanker, leukimia, ataupun penyakit jantungnya kambuh. Sangat jarang ditemukan penyakitnya adalah bengek, korengan, ataupun diare. Sang dokter biasanya berkumis, badan agak gemuk, memakai kacamata baca model Malcolm X, dengan stetoskop yang menggantung di leher. Dialog khas dari sang dokter adalah " Bapak dan Ibu tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami."
  7. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut sambil ketawa-ketawa kecil kecil "hahaha...hahaha..." trus yang cewek menjatuhkan diri. Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat adegan ciuman, diganti (disensor) dengan deburan ombak atau bunga mawar.
  8. Mau diperkosa trus nggak jadi karena jagoannya datang. Entah dari mana, tiba-tiba berantem aja sama yang mau memperkosa.
  9. Tokoh kyai/orang sakti/pemuda yang alim. Biasanya untuk ngusir setan kaya kuntilanak, arwah penasaran dan lain-lain. Banyak ditemui di film-film horor Indonesia dan biasanya selalu menang.
  10. Di setiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN, TAMMAT, SELESAI, dan lain-lain dengan warna-warna yang cerah.
  11. Kalau cowok pergi ngapel ke rumah camer biasanya bawa oleh-oleh kue tart ang norak-norak (zaman segitu belum ada black forest, sih!)
  12. Kalau kuliah naik motor and berambut gondrong.
  13. Cewek kalau dijemput cowoknya pakai mobil, pintunya dibukain.
  14. Adegan buang puntung rokok, terus dimatiin pake kaki. Mungkin biar sepatu boot/kulitnya keliatan.
  15. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri di rumah.
  16. Terjadinya ML gak sengaja, gara-gara kehujanan atau pada saat hujan.
  17. Kalau mau ketemu cewek, si cowok sisiran dulu. Rambut gondrong, diminyakin dan sisirnya ditaruh di saku belakang. Sisirnya nongol sedikit!
  18. Nama peran utamanya kalau cowok selalu JOHAN, HENDRA, ANTON.
  19. Kalau naik motor nggak pake helm.
  20. Cewenya kalau habis dimarahin sama bokapnya, biasanya langsung lari ke kamar terus nangis tersedu-sedu di ranjang (biasanya film-film Oma Irama).
  21. Suka ada iklan tersembunyi, biasanya rokok.
  22. Kalau pemeran utama cowoknya ceritanya udah jadi tua, tinggal ditambahin kumis doang.
  23. Kalau film silat, gadis desanya senang nyuci di kali pakai kemben, bawa bakul, kainnya cuma 2 biji. Pas lagi nyuci, datang penjahat dan langsung tuh penjahat pengen memperkosa
  24. Kalau film perang, kapten Belanda biasanya orang Indonesia pake wig pirang, serdadunya senang jalan-jalan keliling kampung, pas liat cewek lagi nyuci di kali, pengen memperkosa juga.
  25. Biasanya kisah sedihnya beruntun. Misalnya: anak sakit, nggak punya uang, mau beli obat, hujan deras, eh si emak ketabrak mobil lagi...(kalo di sinetron "Janjiku" si emak - Paramita Rusadi - udah ketabrak mo diperkosa ama yg nabrak lagi!!)
  26. Cewek( biasanya pembantu) diperkosa di dalem kamar di atas tempat tidur. Cewe yang diperkosa bilang: "tidak...jangan...tidak...ingat Nyonya Tuan!" Terus yang merkosa bilang: "teriaklah sekuat-kuatnya, tidak akan ada yang mendengarkanmu..."
  27. Anak SMA pake seragam yang lengennya dilinting, nggak cewe ngga cowo, celananya baggy, atau yang pipanya nyempit di bawah.
  28. Rambut cewek belahannya di samping.
  29. Vokal untuk theme song suaranya lirih dan mendesah desah.
  30. Kalau ada yang mau mati, pasti ninggalin pesen duluan, baru mati.
  31. Zainal Abidin kebanyakan jadi tokoh Bapak.
  32. Kalau di film anak-anak, biasanya ibu atau bapaknya meninggal. Si anak tinggal sama ibu tiri atau bibinya, dijadiin pembokat, dimarahin. Si anak kabur ke kota, jadi gelandangan. Biasanya dipungut orang kaya, trus jadi penyanyi cilik terkenal. Biar rada dramatis sering tuh anak ditabrak mobil.
  33. Kalau ceweknya mau diculik, biasanya jalannya di tempat sepi yang nggak ada orang/mobil lewat.
  34. Kalau film eksyen, adegan berantem di jalan ramai dilanjutkan dengan kejar-kejaran. Dari kota tiba-tiba pindah ke tengah sawah.
  35. Kalau adegan daerah pelacuran, biasanya di pinggir sungai, ada becak sama warung jualan bir. Terus ada adegan WTS godain orang lewat. Kadang-kadang ada bencongnya juga.
  36. Adegan batuk-batuk. Habis itu keluar darah...dilap tissu....dijamin abis itu pasti mati!!!
  37. Dono Warkop selalu kebagian cewek-cewek cantik dan sexy.
  38. Cerita SMA biasanya sering ada murid baru, biasanya cewek. Sering ada adegan cowok godain cewek pake lemparan gulungan kertas atau kapur. Surat cintanya biasanya nyasar ke temen cewek yang gendut atau ibu guru.
  39. Kalau jajan di kantin biasanya makan bakso, duduk di bangku panjang kayak di warteg.
  40. Kalau lulus-lulusan biasanya kemping ke gunung, di bis nyanyi-nyanyi kayak anak TK.
  41. Kalau bikin geng biasanya ada yang gendut, bencong, atau kurus.
  42. Jagoan SMA biasanya ketua OSIS, kalau sekolah bawa tas kecil yang ditaruh di bahu, bukunya kadang cuma satu biji, lusuh lagi.
  43. Hantu-hantu di film horor: Biasanya yang jadi korban duluan adalah orang yang lagi ronda, Kuntilanaknya sering jajan sate, Dedemitnya mula-mula cakep, pas ML berubah jadi buaya atau ular, Hantu cewek biasanya korban perkosaan yang balas dendam
  44. Kalau film horornya berakhir distertai dengan pembacaan ayat-ayat suci, " Dan diantara tanda-tanda....dst"
Kira-kira begitulah ciri-ciri perfilm-an kita pada masa itu. Bagaimana pendapat kalian, cocok apa tidak?



TAMAT




6 comments:

Anonymous said...

ada lg...
mukax mirip2 dede..
terutama para pemeran antagonisx
hwahahahahha

Anonymous said...

ixixixixixixi
tulll ituu..
jgnkan dulu skrg lagi polisna slalu dtg t'lambat...^^

wahhh ada bakatki jd pengamat film...coco smua...sampe2 adegan ML ato perkosa diperhatikan dgn seksama ckckckckc...

451H..^.^

Anonymous said...

perlu memeriksa:)

Anonymous said...

Hey guys,

Do you want to play solitaire online?
[url=http://sprintsolitaire.com]SprintSolitaire[/url] is the best place to play solitaire online!

With exclusive Solitaire variation like Spider you will always enjoy the game!

Are you ready to play solitaire online?

Click here to [url=http://sprintsolitaire.com]klondike solitaire[/url]

Anonymous said...

Bonjour à tous,

Voulez-vous gagner des objets pour pas cher ?

Le site Bidou.ca est un un site super qui vous donne la possibilite de remporter de super prix sans investir enormement!

Venez participer sur: [url=http://bidoubidou.ca/]bidou.ca[/url]

Unknown said...

dono warkop ga selalub dapet cewek cakep, malah kebagian sisa terus. Kalo Dono itu biasanya ga punya cewek, sekali punya cewek itu cindy sama windy.