Saturday, February 10, 2007

Definisi Ekonomi Politik Internasional ( Copy dari Tugas)


Ekonomi Politik Internasional menurut DR.Mohtar Mas’oed dalam bukunya Ekonomi Politik Internasional tahun 1989/1990,didefinisikan sebagai studi tentang saling hubungan antara ekonomi dan politik dalam arena internasional,yaitu bagaimana soal-soal ekonomi seperti inflasi,defisit neraca perdagangan atau pembayaran,penanaman modal asing, efisiensi produksi,dsb.berkaitan dengan urusan politik internasional dan politik domestik.


Mohtar Mas’oed menambahkan lagi bahwa dalam pengertian yang lebih spesifik bisa disebutkan bahwa fokus perhatian ekonomi politik internasional adalah hubungan antara dinamika pasar dengan domestik keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pasar itu di tingkat domestik maupun internasional. Ini berarti bahwa studi ekonomi politik internasional adalah studi tentang hubungan antara politik domestik di berbagai negara dengan ekonomi internasional; atau sebaliknya, ini adalah studi tentang dampak kekuatan pasar yang beroperasi dalam ekonomi internasional terhadap politik domestik negara-negara tertentu.


Sebagai contoh dapat kita lihat bagaimana gejolak harga minyak dunia ketika Amerika Serikat mengancam Iran jika tetap berkuat untuk melakukan pengayaan uranium di wilayah Iran. Walaupun Iran telah berkeras dan berjanji bahwa pengayaan uranium yang digalakkan oleh pemerintahnya, murni untuk tujuan damai,Amerika Serikat tetap tidak percaya. Akibatnya Amerika Serikat mengancam akan melakukan tindakan seperti yang dilakukan olehnya terhadap Irak dan Afghanistan.


Akibat ancaman ini harga minyak mentah dunia sempat melonjak naik menjadi 72 dolar AS per barel-nya untuk pertama kali. Hal ini disebabkan adanya ancaman dari Iran akan membatasi aliran minyak dari ladang-ladang minyaknya, jika krisis Teheran semakin memburuk. Tentu saja keadaan ini dijadikan serangan balik oleh Iran agar Amerika Serikat tidak berkeras menyerang negaranya. Karena jika ini terjadi,Industri Amerika Serikat akan terancam,mengingat banyaknya konsumsi minyah mentah oleh indsutri di Amerika Serikat. Selain itu karena Iran juga adalah produsen minyak mentah nomor empat terbesar di dunia, maka serangan terhadap Iran akan berpengaruh juga ke seluruh dunia.


Sebaliknya harga minyak mentah yang meroket naik tersebut mengakibatkan ikut naiknya pula harga kebutuhan pokok di Indonesia. Keadaan ini dikarenakan pendistribusian kebutuhan pokok seperti beras, sayur mayur, dan sebagainya menggunakan kenderaaan sebagai alat transportasi dan alat transportasi itu membutuhkan bensin sebagai pembantu gerak dari mesin kenderaan. Dengan naiknya harga kebutuhan pokok ini, mengakibatkan keadaan masyarakat semakin sengsara. Karena naiknya harga kebutuhan pokok, tidak disertai dengan kenaikan pendapatan masyarakat.


Keadaan masyarakat yang resah dan tidak sejahtera akan menimbulkanberbagai masalah.Masalah-masalah itu diantaranya adalah meningkatnya kemiskinan, kriminalitas dan sebagainya. Kondisi politik negara juga akan ikut goyah, karena masyarakat tidak sejahtera dan timbul huru-hara di mana-mana.


Dengan melihat adanya dampak timbal baik antara keadaan politik sutau negara atau kawasan dengan keadaan ekonomi,maka kita perlu untuk mempelajari lebih mendalam mata kuliah Ekonomi Politik Internasional ( EPI ). Hal ini penting agar ke depan kita bisa menanggulangi akibat dari tidak stabilnya kondisi politik dunia saat ini,supaya keadaan ekonomi kita bisa menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

5 comments:

Anonymous said...

hm....sakit mataku bacai, banyak sekali warnanya, kayak bukan anak sospol yang bikin, tapi kayak anak seni rupa..hehhehehheheh..bgmn kabarnya sospol??

Anonymous said...

ko kya' bang ichak sj ;p

Anonymous said...

huAhahaha,,,,makCih k'D. teRselesaiKn mi EPIku kRn qT,,, ^_^v
moGa aJ qT bs Jd kY bAng icHak..
aMieeN...

Berbagi said...

mmh salam kenal
www.pubcomtea.blogspot.com

Anonymous said...

heyy... h.i unhas .. salam kenal ya dari gw dan kawan2 HIMAHI IISIP JAKARTA - btw kmren ada yang ikut PNM HII gak yaa??